Beberapa Hal Yang Mempengaruhi Kecepatan Internet


Penggunaan internet saat ini cukup menjadi hal yang "wajib" bagi sebagian masyarakat. Tentunya kita sebagai pengguna internet sangat berharap dengan kecepatan tinggi dalam mengakses internet. Sebelum mengharapkan kecepatan tinggi dalam mengakses internet, perlu anda ketahui beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan internet, berikut hal tersebut :
  • Komputer
Jika anda menginginkan kecepatan internet yang tinggi, tentu saja spesifikasi komputer yang anda pakai harus cukup memadai. Tidak mungkin internet cepat jika anda memiliki komputer yang saat menggunakan browser membutuhkan waktu satu menit untuk membukanya.
  • Bandwidth
Bandwidth ini biasanya terkait dengan provider penyedia jaringan internet yang anda pakai. Biasanya, untuk mendapatkan bandwidth besar anda harus merogoh kocek yang cukup dalam.
  • Server Proxy
Server proxy digunakan penyedia layanan internet sebagai jembatan antara kita (pengguna) dan internet. Proxy pun berfungsi untuk menyimpan data sementara agar dapat dipakai oleh pengguna lain. Dengan perantara ini, kecepatan internet dapat terganggu jika server proxy tersebut mati atau dalam perbaikan.
  • Sinyal
Ini cukup penting karena tanpa sinyal, modem kita tidak akan terhubung dengan internet.
  • Penyedia Internet
{enyedia internet cukup berperan besar, jika di suatu tempat memilki pengguna banyak tanpa diimbangi dengan daya pancar BTS dan resources yang besar, sangat berdampak bagi pengguna.
  • Sistem Operasi
Sistem operasi yang digunakan cukup berpengaruh, hal tersebut datang dari serangan worm, virus, dsb yang memakan resource akses kita ke internet.
  • Browser Yang digunakan
Banyak sekali browser yang tersedia dengan berbagai keunggulannya seperti Chrome, Mozilla Firefox, Dillo, Maxthon, Opera, dsb.
  • Keamanan Data
Ini biasanya dilakukan oleh pihak penyedia layanan. Keamanan data seperti firewall apa yang digunakan, dsb.
  • Lokasi
Saat anda mendownload sebuah file, seperti kita melakukan perjalanan. Jika kita mendownload file dari US sedangkan kita berada di Indonesia dimana file tersebut hanya tersedia de satu server tanpa mirror.
  • Modem
Kita menggunakan modem 2mbps akan berbeda dengan modem kecepatan diatasnya.
Jika ada faktor yang belum ditulis, dapat anda tuliskan melalui kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat.

0 Response to "Beberapa Hal Yang Mempengaruhi Kecepatan Internet"

Posting Komentar

*Silahkan komentar dengan baik.
*Link aktif otomatis terhapus.
*Komentar harus relevan dengan artikel.